Menulis Untuk Bebas: Kapan Melakukannya & Kapan Tidak Melakukannya!

No Comments

Langsung dari kelelawar, saya ingin mengatakan bahwa tidak ada jawaban benar atau salah untuk topik ini. Banyak tergantung pada tujuan akhir Anda - untuk mendapatkan pekerjaan, mengumpulkan publisitas, membangun portofolio, dll. Namun, tiba saatnya setiap penulis mengatakan tidak untuk menulis secara gratis. Berikut adalah beberapa masalah yang telah saya renungkan tentang penulisan lepas.

Edisi 1: Konten untuk situs web. Konten adalah raja di Internet dan semua orang menginginkan sesuatu yang segar dan unik secara teratur. Jika Anda mempromosikan produk / layanan dan menulis artikel untuk menghasilkan publisitas, maka dengan segala cara, berikan kontennya.

Namun, jika apa yang Anda jual adalah kemampuan menulis Anda dan tidak mempromosikan apapun, maka jangan memberikannya. Sebaiknya Anda melakukan kampanye surat langsung dan menghabiskan waktu Anda untuk membuat potongan untuk portofolio Anda - bahkan jika mereka hanya perusahaan yang percaya.

Orang bisa berargumen bahwa alasan penulisan yang baik dianggap biasa begitu saja memberikannya. Saya memberikan banyak konten, tapi hanya dalam kerangka WIIFM (apa untungnya bagi saya).


Edisi 2: Menulis di spec: Bagi anda yang tidak tahu apa ini, lihat artikel primer yang sangat bagus ini di http://inkwelleditorial.com/beginnersguideglatzer.htm. Penulis lepas yang mapan ini menjelaskan tulisan spec dengan cemerlang. Intinya, setelah portofolio Anda selesai dengan sampel yang bagus, hentikan praktik ini.

Pengecualiannya adalah jika itu adalah kredit dari sumber yang Anda inginkan. Lagi pula, siapa yang akan menolak Fortune? Namun, saya yakin ada kebutuhan yang cukup besar bagi penulis yang baik bahwa Anda tidak perlu menjual jiwamu untuk satu kredit, bahkan jika itu adalah "masalah besar".

Berapa banyak sampel yang harus Anda miliki? Saya menyarankan antara lima dan sepuluh. Cobalah untuk mendapatkannya dari sumber yang berbeda - misalnya, dua surat kabar, tiga situs web, dua brosur, satu surat penjualan, dan lain-lain. Ini akan memberi portofolio Anda sebuah kisaran. Organisasi nirlaba, teman dengan usaha kecil, pertokoan lingkungan - semuanya adalah sumber non-bayar yang mungkin untuk membangun kredit tertulis Anda.

Tip: Pilih bisnis kecil dan lakukan brosur, sales letter, dll terlebih dahulu. Kemudian, kirimkan ke target Anda dan tanyakan apakah mereka keberatan jika memasukkannya ke dalam portofolio Anda. Saya tidak tahu bisnis kecil apa pun yang menolak karya promosi yang ditulis dengan baik sehingga harganya tidak mahal. Bang, kredit yang sah!


Masalah 3: Konten & Hak Asli: Saya tidak percaya untuk memberikan konten asli - sekali lagi, kecuali jika Anda mempromosikan produk / layanan atau baru memulai. Saya selalu takjub dengan jumlah publikasi yang menginginkan konten asli namun tidak mau membayarnya.

Sebuah contoh. Saya menulis kolom bisnis kecil. Seorang editor melihatnya dan mendekati saya untuk menjadi kontributor reguler publikasi mereka, yang cukup terkenal di kalangan bisnis. Kicker itu? Mereka tidak ingin kolom saya tapi saya ingin menyumbangkan konten asli tanpa bayaran. Aku harus menolaknya. Saya menawarkan kolom itu tanpa biaya (karena saya sudah menulisnya), namun menjelaskan bahwa konten asli di luar ini tanpa pembayaran pun tidak memungkinkan.

Jika Anda menulis, Anda tahu itu tidak mudah datang dengan konten asli secara teratur. Beberapa subjek begitu tertutup sehingga sembilan kali dari sepuluh, tanah baru tidak pernah rusak. Kami biasanya hanya memasang putaran baru di atasnya. Ini biaya sel otak! Dan percayalah, tidak semua orang bisa melakukannya.


Jadi, pada saat Anda memasukkan jari ke keyboard, pikirkan tujuan Anda. Jika kita semua berhenti memberikan mutiara kebijaksanaan kita, maka tingkat gaji di seluruh dewan akan dinaikkan.

back to top